

Ketiga,Faktor pendukung dalam strategi pemasaran jasa pendidikan di MA Daarul Uluum yaitu, tenaga yang berkualitas, letak sekolah yang geografis, memiliki banyak kegiatan ektrakulikuler, langsung berada dibawah naungan Yayasan Daarul Uluum, dan anggaran pembiyaiaan sekolah yang terjangkau oleh kalangan manapun. Kedua, implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan di MA Daarul Uluum Bantar Kemang untuk meningkatkan kuantitas siswa melalui bauran pemasaran yaitu produk, tempat, harga, promosi, people, pysical evidence, dan prosesyang dimiliki oleh MA Daarul Uluum cukup berhasil untuk meningkatkan jumlah animo pendaftar peserta didik di setiap tahunnya. (4) evaluasi yaitu waktu pelaksanaan evaluasi yaitu setiap tahun sekali. (3) tahapan pelaksanaan yaitu pemasaran secara langsung dan pemasaran secara tidak langsung. (2) tahapan pengorganisasian yaitu membentuk panitia penerimaan siswa baru (PAPENSIBA). (1) tahap perencanaan yaitu melakukan segmentasi pasar, penentuan target pasar, dan menentukan target pasar.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, strategi pemasaran jasa pendidikan untuk meningkatkan kuantitas siswa di MA Daarul Uluum Bantar Kemang dengan menggunakan fungsi manajemen itu ada empat tahapan. Studi dokumentasi dilakukan dengan pengambilan gambar secara langsung dan meminta dokumen-dokumen atau berkas-berkas yang terkait dengan pemasaran jasa pendidikan kepada staf tata usaha. Pihak yang di wawancarai adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kemahasiswaan, kepala tata usaha, ketua PAPENSIBA, guru, siswa, dan wali siswa. Untuk observasi dilakukan dengan pengamatan terkait kegiatan strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan jumlah siswa baru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif, adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi., wawancara, dan studi dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan mengetahui penerapan strategi pemasaran jasa pendidikan melalui fungsi manajemen dan teori bauran pemasaran di MA Daarul Uluum Bantar Kemang dan menemukan Faktor pendukung dan penghambat yang ada di MA Daarul Uluum dalam pemasaran jasa pendidikan.
